Hilary’s Blog

July 26, 2007

Oedipus Complex

Filed under: psikiatri,psikoterapi — Hilary @ 9:59 am

Oedipus complex, laki-laki yang selalu terikat dg ibunya

Apa yang dimaksud dan makna kejadian oedipus complex dapat dilihat pada ulasan berikut ini yang dirangkum dari pendapat para ahli psikoanalitik.

Selama fase late infancy, anak akan menggeser energi kuantum menjadi ketertarikan seksual terhadap orangtuanya. Secara normal anak laki-laki akan semakin dekat kepada ibunya baik secara fisik maupun psikis, sedangkan anak perempuan dekat dengan ayahnya. Teknik penyelesaian yang salah terhadap masalah ini akan menggambarkan karakter (kepribadian) si anak di kemudian hari.

Selama fase laten, ketertarikan anak beralih kepada aktivitas di luar rumah dan selain orangtuanya. Mereka mulai tertarik dan mengagumi teman bermain atau orangtua teman bahkan guru mereka.

Selama fase pubertas, situasi oedipus ini berulang kembali dan namun segera menghilang karena mereka tertarik dengan jenis kelamin yang lain.

Hubungan dengan gangguan jiwa

Sebagian besar penderita gangguan jiwa tidak pernah berhasil mengatasi oedipus complex ini. Gangguan skizofrenia merupakan salah satu contoh yang paling menarik. Penderita skizofrenia meyakini secara implisit bahwa dia bukanlah anak dari orangtuanya, bahwa ibunya merupakan isterinya dan bahkan menganggap semua saudara-saudaranya adalah anaknya. Dia percaya bahwa ayahnya tidak pernah ada. Penderita tersebut juga meyakini bahwa dirinya buta dan kadang-kadang berkata bahwa dirinya telah dikastrasi (dikebiri).

Pada gangguan jiwa yang lebih ringan seperti penderita neurosis, kejadiannya lebih kurang sama. Namun pada penderita ini pengalamannya sering disimbolisasikan dengan fear (ketakutan), compulsion (tindakan berulang) dan bahkan fenomena konversi (conversion phenomenon).

Freud merupakan orang yang pertamakali memperkenalkan konsep oedipus complex ke dalam bidang psikiatri. Ia menyatakan bahwa oedipus complex merupakan konsep inti dari neurosis dan merepresentasikan bagian yang penting dalam gangguan neurosis. Oedipus complex merupakan titik puncak (culminating point) dari seksualitas infantil yang pada akhirnya akan mempengaruhi kondisi seksualitas seseorang di masa dewasanya.

Hilary

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: