Hilary’s Blog

September 4, 2007

Kebiasaan Merokok pada Penderita Skizofrenia

Filed under: skizofrenia — Hilary @ 3:03 pm

smoke.jpg

Teori Dasar

I. Teori keseimbangan dopamin (DA) dan asetilkolin (ACh). Dalam keadaan normal, terdapat keseimbangan antara neurotransmiter (NT) DA dan ACh. Bila diibaratkan timbangan maka terdapat keseimbangan antara bagian kiri dan kanan, tidak ada bagian yang satu melebihi bagian yang lain.

II. Pada gangguan skizofrenia terdapat ketidakseimbangan timbangan tersebut. Pada gangguan ini terdapat hiperaktivitas NT DA (jumlah DA yang sangat berlebihan sehingga menimbulkan gejala-gejala positif). Sedangkan kadar ACh menurun dibandingkan dengan DA.

III. Saat penderita skizofrenia diterapi dengan obat antipsikotik khususnya dengan menggunakan obat antipsikotik konvensional (generasi I) yang bekerja tanpa selektif maka terjadi blok/hambatan pada aliran DA sehingga kadar DA menurun secara drastis. Pada saat demikian terjadi peningkatan kadar ACh (secara relatif). Secara klinis keadaan demikian akan menimbulkan gejala EPS pada penderita termasuk parkinsonisme. Dengan demikian penderita sebaiknya diterapi dengan obat golongan antikolinergik untuk menurunkan kadar ACh.

Mengapa penderita skizofrenia merokok?

I. Teori Konvensional. Dikatakan bahwa kebiasaan menghisap rokok pada penderita skizofrenia berkaitan dengan penurunan gejala parkinsonisme yang diakibatkan oleh pengobatan dengan obat antipsikotik. Kemungkinan karena aktivasi neuron DA tergantung pada nikotin.

II. Teori Mutakhir. Dikatakan bahwa pada penderita skizofrenia terjadi penurunan reseptor nikotin. Mengapa terjadi penurunan? Hal itu disebabkan kadar ACh yang berkurang sebagai akibat relatif dari kadar DA yang berlebihan (hiperaktivitas DA-ergik). Dalam hal ini NT yang terkait adalah alpha-7 nicotinic receptor. Reseptor alfa-7 ini terdapat baik pada prasinaps maupun pascasinaps neuron glutamat. Dengan merokok berarti meningkatkan kadar nikotin, artinya merangsang reseptor nikotin alfa-7 untuk bertambah banyak. Neuron prasinaps diaktivasi oleh nikotin sehingga mengeluarkan dalam jumlah besar berbagai macam NT yang pada akhirnya menyebabkan perubahan gene expression. Secara klinis menimbulkan rasa kenyamanan pada penderita skizofrenia.

III. Teori Lain. Antara lain teori pada pemakaian clozapin dan teori sitokrom P-450 isoenzim IA2.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: