Hilary’s Blog

October 7, 2007

Extacy atau Ectacy

Filed under: napza — Hilary @ 8:04 am

fuckdrugs.gif

Sudah diketahui oleh banyak orang bahwa peredaran ekstasi bukan lagi monopoli kota-kota besar, bahkan sudah masuk ke kota-kota pinggiran bahkan pedesaan. Tempat yang umum dipakai untuk baik menggunakan maupun bertransaksi antara lain di diskotik atau tempat-tempat hiburan lainnya. Zat ini dapat menimbulkan rasa nyaman dan kegairahan bagi orang yang mengkonsumsinya, dengan kata lain mood-nya meningkat. Dalam bidang psikiatri didapati beberapa tingkatan mood yang meningkat dari euforia, ekstase, eksaltase dan ekstasi. Ekstasi mempunyai derajat yang paling tinggi dalam meningkatkan mood/emosi seseorang.

Ekstasi merupakan zat turunan dari amfetamin dengan nama aslinya 3,4-methylene-dioxy- meth-amphetamine yang disingkat dengan kata MDMA. Di pasaran dikenal dengan nama ecstasy, XTC, adam, esssens-E dll. Senyawa ini disintesis pertama kali pada tahun 1914 di Jerman sebagai obat penekan nafsu makan dan dipatenkan oleh pabrik kimia E-Merck. MDMA ini tidak pernah diperdagangkan dan dilaporkan penggunaannya untuk keperluan non-medik di AS pada tahun 1968.

Ekstasi ini bukan termasuk golongan narkoba melainkan termasuk ke dalam golongan psikotropika menurut hukum di Indonesia (agak berbeda dengan penggolongan obat psikotropik menurut ilmu psikiatri). Adapun obat psikotropik digolongkan menjadi 4 golongan (menurut hukum) yaitu: (1) psikotropika golongan I yaitu MDMA (ekstasi) dan N-etil MDA, (2) psikotropik golongan II yaitu amfetamin (sabu-sabu), deksamfetamina dan fenetilina, (3) psikotropik golongan III terdiri dari amobarbital, buprenorfin dan butalbital, (4) psikotropik golongan IV termasuk diazepam (nipam, pil BK, magadon), nitrazepam dan nordazepam.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: