Hilary’s Blog

October 9, 2007

Herd Complex

Filed under: psikologi — Hilary @ 12:31 pm

bebek senantiasa bergerombol ke arah yang sama

Herd complex merupakan istilah untuk orang-orang yang bermental bebek. Bebek adalah sejenis unggas yang senang bergerombol, bergerak selalu ke arah yang sama dan dengan cara yang sama pula. Manusia memang merupakan makhluk sosial dan berkecenderungan untuk bergabung bersama menjadi bagian kelompoknya. Manusia yang bermental bebek ini sikapnya dalam bersosialisasi sangatlah berlebihan.

Dalam usahanya untuk menjadi anggota kelompok tertentu, dia rela mengorbankan identitasnya sendiri, mereka meneriakkan slogan-slogan dan semboyan-semboyan yang sama. Alasan yang logis adalah mungkin karena takut atau tidak berani bertanggungjawab atas dirinya sendiri. Mereka mengorbankan pendapatnya, pandangan dan cita-citanya sendiri, bahkan yang menjadi tujuannya adalah cita-cita kelompoknya.

Dalam diri manusia paling tidak terdapat dua dorongan yang kuat yaitu dorongan untuk menjadi dirinya sendiri dan yang kedua dorongan untuk menyatu ke dalam kelompoknya. Keduanya harus berjalan secara seimbang dan simultan, tidak boleh berat sebelah. Bila ia lebih menitikberatkan pada dorongan menjadi diri sendiri maka dia akan menjadi makluk asosial, demikian pula jika dia mengutamakan kelompoknya maka dia termasuk bermental bebek ini.

Sifat sosial manusia mendorongnya untuk berkumpul, berkawan, bersatu dan solider satu sama lainnya. Berkat kerjasama itulah manusia mengalami banyak kemajuan. Tetapi untuk itu semua kita tidak perlu mengorbankan kepribadian kita. Kita dapat menjadi manusia yang mandiri namun mampu memberikan sumbangan yang berarti kepada orang lain.

Suatu taman yang indah tidak hanya terdiri dari satu jenis bunga saja, melainkan dari berbagai macam pohon bunga dengan batang dan bunganya masing-masing. Masing-masing memberikan peran tersendiri yang menyatukan semuanya tanpa mengorbankan dirinya sendiri.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: